7 Makanan Khas Korea Yang Harus Kamu Coba Saat Berlibur Kesana

9 Makanan Lezat yang Sering Muncul di Drama Korea, Bikin Keroncongan!

Dalam beberapa tahun terakhir, Korea Selatan menjadi lebih terkenal karena teknologinya daripada makanannya. Namun, berkat makanan lezat seperti kimchi, yang telah menjadi sensasi global, banyak hal mulai berubah. Berikut adalah daftar makan Korea Selatan yang harus kalian coba.

  • Hoeddeok (pancake manis)

Dikenal sebagai versi pancake Barat yang lebih manis, hoeddeok , atau kadang-kadang dieja sebagai hotteok , adalah makanan jalanan Korea yang populer, terutama selama musim dingin. Ini pada dasarnya adalah adonan bulat pipih yang diisi dengan campuran kayu manis, madu, gula merah, dan potongan kecil kacang tanah dan dimasak di atas wajan. Kelezatannya memiliki eksterior yang renyah dan interior lembut serta rasa yang tak tertahankan.

  • Bulgogi (barbekyu daging sapi yang diasinkan)

Hidangan berair dan gurih dari daging sapi panggang yang diasinkan, bulgogi adalah salah satu hidangan daging Korea paling populer di seluruh dunia, dan menempati peringkat ke-23 sebagai makanan paling enak di dunia menurut jajak pendapat pembaca CNN Travel pada tahun 2011. Ini sering dipanggang dengan bawang putih dan irisan bawang bombay untuk menambah rasa pada daging. Dagingnya biasanya dibungkus dengan selada dan juga dimakan secara tradisional dengan ssamjang (pasta kental berwarna merah).

  • Samgyeopsal (potongan daging babi)

Salah satu hidangan Korea paling populer di Korea Selatan, samgyeopsal terdiri dari irisan daging perut babi panggang yang tidak direndam atau dibumbui. Mereka biasanya dicelupkan ke dalam bumbu yang terbuat dari garam dan merica yang dicampur dengan minyak biji wijen, kemudian dibungkus dengan selada bersama dengan irisan bawang putih panggang, irisan bawang panggang, irisan daun bawang, dan kimchi . Ini adalah salah satu hidangan paling umum yang ditemukan di restoran Korea mana pun di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri hidangan ini masih sangat jarang, karena makanan ini merupakan makanan non halal.

  • Japchae (mie tumis)

Sering disajikan sebagai lauk saat makan siang atau makan malam, japchae adalah hidangan mie tradisional Korea yang terdiri dari ubi goreng, sayuran yang diiris tipis, daging sapi, dan sedikit kecap dan gula. Tergantung pada koki, bahan tambahan seperti jamur ditambahkan ke dalam campuran. Japchae dikenal dengan rasanya yang manis dan beraroma serta teksturnya yang lembut namun sedikit kenyal.

  • Kimchi (sayuran fermentasi)

Salah satu hidangan tertua dan mungkin paling penting dalam masakan Korea, kimchi adalah hidangan pedas dan asam yang terbuat dari sayuran yang difermentasi. Ini disiapkan dengan berbagai jenis bahan, tetapi bahan utama yang paling umum adalah kubis. Kimchi populer di kalangan orang asing karena rasanya yang unik, serta nilai gizinya yang tinggi, kandungan serat, dan kandungan kalori yang rendah. Namun, bagi orang Korea, ini paling populer karena nilai budayanya yang signifikan. Tanpa kimchi , makan malam dianggap belum lengkap.

  • Ddukbokki (kue beras pedas)

Ddukbokki , juga dieja tteokbokki , adalah makanan Korea pedas umum yang terbuat dari kue beras silinder, kue ikan segitiga, sayuran, dan saus cabai merah manis. Ini sering dijual oleh pojangmacha (pedagang kaki lima). Orang-orang menyukai ddeukbokki karena kombinasi rasa pedas dan manis.

  • Sundubu-jjigae (sup tahu lembut)

Disajikan dalam mangkuk batu besar, sundubu-jjigae adalah sup Korea pedas yang umumnya terbuat dari dubu (tahu), sayuran, jamur, makanan laut , daging sapi atau babi, dan gochujang (pasta cabai). Tergantung pada koki dan wilayahnya, beberapa bahan dibuang, diganti atau ditambahkan ke dalam campuran. Meskipun ada variasi yang berbeda, secara tradisional, telur mentah diletakkan di atas rebusan dan dicampur dengan sup sebelum disajikan untuk menambah rasa pada hidangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *