Tips Memperbaiki HP Jatuh ke dalam Air

Tips Memperbaiki HP Jatuh ke dalam Air  – HP atau ponsel sobat jatuh ke air ? tenang, Jangan panik dahulu, apalagi sampai teriak-teriak tak karuan. Ada tips-tips mudah lengkap dengan langkah-langkah menyelamatkan HP atau smartphone yang kemasukan air.

Adakalanya kita tanpa sengaja mengalami atau bernasib sial ketika HP tidak sengaja terjatuh ke dalam bak mandi atau kolam renang. Pasti sobat langsung panic kan. Walaupun sekrang sudah ada HP yang tahan air seperti Sony Xperia Z series (Z, Z1, Z2, Z3), namun harganya yang masih tergolong relatif mahal buat orang indonesia akhirnya lebih memilih untuk menggunakan HP biasa.

Nah mari kita lihat apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan ketika ponsel jatuh ke air. Dan sebelumnya yang paling utama adalah angkat HP sobat dari dalam air secepat mungkin!

Tips Cara Memperbaiki HP Jatuh ke dalam Air

Perhatian, inilah yang Tidak Boleh  Sobat Lakukan!

1. Jangan pernah nyalakan ponsel jika sudah mati atau jangan digunakan sama sekali

2. Jika masih menyala maka Jangan sentuh atau tekan tombol apapun

3. Jangan digoyangkan, ditekan, atau dibenturkan

4. Jangan membongkar bagian dalamnya, maupun bagian-bagian tertentu yang bisa dibongkar, karena ini bisa saja menghanguskan garansi HP sobat yang masih aktif. Silakan bongkar HP sobat jika sobat berpengalaman.

5. Jangan ditiup dengan angin yang kencang. Karena ini bukannya membuat HP kering malah justru mendorong air ke bagian-bagian terdalam lainnya di HP sobat.

6. dan jangan coba panaskan dengan cara apapun, misalnya ditiup dengan hair dryer, apalagi dengan menggunakan microwave. Dan juga jangan lakukan hal sebaliknya seperti mendinginkanna difreezer lemari es.

Langkah mudah untuk menyelamatkan Ponsel Terkena air

Langkah mudah untuk menyelamatkan Ponsel Terkena air

1. Jika HP sobat masih menyala maka segera Non-aktifkan dan simpan dalam posisi sewajarnya.

2. keluarkan dahulu kartu SIM dan microSD dari dalam slot HP.

3. jika tiPe smartphoen adalah jenis HP yang baterainya bisa dilepas, maka lepaskan casing pelindung dan lepaskan baterainya.

4. Ambil handuk kecil atau lap kering lalu secara perlahan-lahan usapkan hingga mengering.

5. Jika HP terjatuh dan terendam agak lama di dalam air, coba gunakan bantuan alat penyedot debu untuk menghisap air di bagian-bagian yang sulit dijangkau.

6. Setelah itu ambil mangkuk kering lalu isikan dengan beras dan kuburkan HP sobat di dalam kantung tersebut. Memang terdengar aneh namun beras yang kering ternyata mampu menyerap cairan di sekitarnya.

7. Setelah menunggu satu atau dua hari (ini tergantung separah apa HP sobat terendam di air), coba pasang baterai dan nyalakan. Jika HP telah menyala, sobat silahkan perhatikan fungsi-fungsi utama. Seperti menCek daya respon touch screen nya, mainkan musik melalui loudspeaker dan melalui earphone, cek apakah semuanya bekerja dengan baik.

9. Jika HP belum bisa menyala, coba isi ulang daya baterai HP sobat dan perhatikan apakah bisa menyala. Jika tidak, mungkin baterainya yang rusak, mungkin sobat harus menggantinya dengan baterai yang baru.
Namun jika jenis HP sobat baterainya tidak dapat dilepas dan masih belum bisa menyala, mungkin kerusakannya sudah parah. Segera konsultasikan dengan peritel merek HP sobat agar diatasi oleh tangan profesional.

10. Jika HP sobat berhasil  menyala kembali dan bekerja dengan normal, tetap Perhatikan apakah ada hal-hal aneh atau tidak normal yang terjadi pada HP tersebut.

Dan untuk waktuselanjutnya , cobalah lebih  berhati-hati ketika membAwa HP ke tempat-tempat berair seperti kolam renang, kamar mandi atau jika sobat sedang mencuci piring/pakaian.

 

 

Special thanks to : klikandroid.info

Leave a Reply